Kamis, 18 November 2010

PMDK Universitas Brawijaya Malang 2011

Haaaii teman2 SMA ku sekaliaann. saya punya informasi tentang PMDK Universitas Brawijaya Malang nih..
tapi saya copy paste dri website UB.. iziin ya :)

Penerimaan Mahasiswa

Jalur penerimaan:
  1. PSB
    Penjaringan Siswa Berprestasi (PSB) di Universitas Brawijaya dilakukan tanpa ujian tulis, dimaksudkan untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi, baik di bidang akademik maupun non akademik, yang karena sesuatu hal, misalnya : karena proses belajar- mengajar di sekolah yang kurang baik, karena keaktifan siswa pada kegiatan ekstra kurikuler, atau karena keadaan orang tua yang kurang mampu, sehingga siswa yang bersangkutan sulit bersaing melalui SPMB/SNMPTN

    Persyaratan
    1. Terdaftar sebagai siswa SMA atau MA (negeri/swasta).
    2. Mempunyai prestasi akademik dan atau non-akademik tinggi yang ditunjukkan melalui serangkaian bukti prestasi : 
      • Untuk calon yang diterima melalui prestasi akademik : rapor kelas X semester 2 sampai kelas XII semester 1 mempunyai nilai rata-rata dan nilai terendah serta nilai mata pelajaran khusus sesuai dengan syarat jurusan yang dipilih (lihat Tabel 1 dan 2) dan tidak pernah tinggal kelas.
      • Untuk calon yang diterima melalui prestasi non-akademik : prestasi yang dapat dipertimbangkan adalah prestasi tingkat propinsi, nasional dan internasional.
    3. Setiap peserta seleksi hanya dapat memilih 1 (satu) program studi yang ada di Universitas Brawijaya, sesuai dengan jurusannya di SLTA.
  2. Selengkapnya di sini (selma)
  3. SNMPTN
    Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah kegiatan seleksi calon mahasiswa untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri di tingkat Nasional dengan Pola ujian tulis yang diselenggarakan secara serentak dan terpadu pada jam dan hari yang sama dengan soal yang sama di seluruh PTN di Indonesia, sehingga peserta diharapkan dapat memilih lokasi yang terdekat dengan penyelenggaraan kegiatan seleksi tersebut.

    PERSYARATAN SELEKSI 
    Peserta SNMPTN harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajarnya di Perguruan Tinggi.
    • Lulusan SMA / MA / SMK atau yang setara tahun 2006, 2007, dan 2008.
    Program Studi & Jumlah Pilihan :
    Setiap peserta yang memenuhi persyaratan dapat mengikuti kelompok IPA, IPS atau kelompok IPC dan tidak tergantung pada jurusan SMA nya. 
    • Setiap peserta ujian kelompok IPA dapat memilih paling banyak 2 program studi kelompok IPA.
    • Setiap peserta ujian kelompok IPS dapat memilih paling banyak 2 program studi kelompok IPS.
    • Setiap peserta ujian kelompok IPC dapat memilih paling banyak 3 (tiga) dengan catatan sediktinya 1 (satu) program studi kelompok IPA dan 1 (satu) program studi kelompok IPS.
    • Urutan pilihan Program Studi merupakan prioritas pemilihan.
    • Peserta yang hanya memilih 1 (satu) program studi saja diperbolehkan memilih program studi dari PTN di wilayah mana saja.
    • Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu program studi tersebut harus merupakan program studi dari PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengambil formulir pendaftaran. Pilihan yang lain dapat merupakan program studi dari PTN di wilayah mana saja.
  4. SPKS Ujian Tulis dan non Ujian Tulis
    SELEKSI PROGRAM KEMITRAAN SEKOLAH (SPKS)
    SPKS adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijaya, dilaksanakan melalui ujian tulis dan non ujian tulis.
    SPKS dengan ujian tulis dilaksanakan di daerah sesuai dengan kesepakatan bersama antara Universitas Brawijaya dengan pihak sekolah.
    SPKS non ujian tulis di Universitas Brawijaya dilakukan tanpa ujian tulis, dimaksudkan untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi, baik di bidang akademik. Seleksi ini dilaksanakan setelah pelaksanaan seleksi Penjaringan Siswa Berprestasi (PSB).

    PERSYARATAN SPKS Ujian Tulis
    Bagi calon mahasiswa baru Program S1 harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    • Persyaratan Umum
      1. Warga Negara Indonesia.
      2. Warga Negara Asing, yang diterima harus mendapat izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta.
      3. Tidak mempunyai cacat tubuh yang dapat mengganggu kelancaran program studinya.
    • Persyaratan Akademik 
      Lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri/Swasta, Sekolah Kejuruan (SMK) Negeri/Swasta, Madrasah Aliyah (MA) Negeri/Swasta Tahun 2008,2007 dan 2006. Untuk SPKS non Ujian tulis, beberapa persyaratan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:
      1. Mempunyai prestasi akademik tinggi yang ditunjukkan melalui serangkaian bukti prestasi :
        Rapor kelas X semester 2 sampai kelas XII semester 1 mempunyai nilai rata-rata dan nilai terendah serta nilai mata pelajaran khusus sesuai dengan syarat jurusan yang dipilih dan tidak pernah tinggal kelas.
      2. Setiap peserta seleksi hanya dapat memilih 1 (satu) program studi yang ada di Universitas Brawijaya, sesuai dengan jurusannya di SLTA (lihat tabel 1).
  5. SPMK
    SPMK adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijaya melalui ujian tulis dilakukan khusus oleh Universitas Brawijaya.

    PERSYARATAN
    Bagi calon mahasiswa baru Program S1 harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
    • Persyaratan Umum
      1. Warga Negara Indonesia.
      2. Warga Negara Asing, yang diterima harus mendapat izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta.
      3. Tidak mempunyai cacat tubuh yang dapat mengganggu kelancaran program studinya.
    • Persyaratan Akademik
      Lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri/Swasta, Sekolah Kejuruan (SMK) Negeri/Swasta, Madrasah Aliyah (MA) Negeri/Swasta.
  6. SELEKSI PROGRAM KEMITRAAN INSTANSI (SPKIns)
    Calon mahasiswa dikirim oleh suatu instansi/perusahaan pemerintah maupun swasta. Seleksi melalui ujian tulis dengan pelaksanaan sesuai dengan kesepakatan bersama, dengan biaya studi sama dengan SPMK.

    Persyaratan : 
    Lulusan SMA, MA dan SMK tahun ajaran 2008/2009.
  7. SELEKSI PROGRAM KEMITRAAN DAERAH(SPKD)
    Ketentuan tentang SPKD sama dengan ketentuan pada SPMK,dengan ketentuan tambahan Calon mahasiswa dikirim oleh Pemerintah Daerah/lnstansi/Perusahaan berdasarkan kesepakatan bersama dan biaya studi sama dengan SPMK
  8. SELEKSI PROGRAM INTERNASIONAL (SPI)
    Seleksi ini dimaksudkan untuk menjaring mahasiswa yang berasal dan Luar negeri. Ketentuan untuk SPI akan diatur tersendiri dan dapat berhubungan langsung dengan Panitia.
  9. SELEKSI ALIH PROGRAM (SAP)
    Persyaratan : 
    • Lulusan Program Diploma III,baik PTN atau PTS atau yang sederajat dengan Program Studi yang sesuai.
    • IPK minimal 2,50.

ADUUUHH.. jadi deg2an nih saya.. semoga kita semua diterima yaa AMIINN.. :)) maaf ya copas :)

0 komentar:

 
Blogger design by suckmylolly.com